KEGIATAN PASAR MURAH (TTIC KELILING) DI KABUPATEN BANJAR DAN TANAH BUMBU

Banjar dan Tanah Bumbu, Dinamika naik turunnya pangan sangat dinamis, erat kaitannya dengan distribusi atau sebaran dari komoditas pangan itu sendiri. Distribusi dan harga pangan sangat besar pengaruhnya terhadap tingkat akses pangan masyarakat. Meningkatnya akses pangan bisa terjadi apabila didukung oleh harga yang stabil dan terjangkau dengan distribusi atau sebaran komoditas pangan yang merata sesuai dengan jumlah atau permintaan konsumsi. Perhatian terhadap distribusi dan harga merupakan salah satu kegiatan prioritas untuk terus dibangun.

Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan mempunyai Toko Tani Indonesia Center (TTIC) untuk menjawab tantangan fluktuasi harga dan distribusi pangan. Toko Tani Indonesia Center atau yang disebut TTIC adalah tempat pengelolaan pasokan, stok dan distribusi pangan dalam upaya stabilisasi pangan, yang dikelola oleh instansi yang menangani urusan ketahanan pangan di tingkat provinsi, dalam kegiatannya TTIC sering melakukan pasar murah di lokasi TTIC maupun di luar lokasi TTIC (TTIC keliling), melakukan kegiatan pasar murah ini membantu para masyarakat karena  harga lebih miring, dan tidak perlu jauh untuk berbelanja kebutuhan pangan.

Inovasi pemasaran Toko Tani Indonesia merupakan salah satu inovasi pemasaran bahan pangan yang digagas Kementerian Pertanian. Melalui TTIC, warga bisa mendapatkan pangan murah berkualitas dan petani tetap mendapat keuntungan yang layak.

Kegiatan pasar murah TTIC, telah dilaksanakan pada tanggal 09 Januari 2021 di Kabupaten Tanah Bumbu dan pada tanggal 13 Januari 2021 dilaksanakan di desa Aranio Kabupaten Banjar.

Kegiatan ini di laksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan, karena itu untuk menghindari kerumunan, pasar murah melakukan penjualan secara kolektif terutama dikantor kelurahan yang di kordinir oleh pengurus maupun RT atau RW.

 

Bahan Pangan yang dijual pada pasar murah tersebut adalah : beras, gula, minyak, bawang merah, bawang putih, cabe dan telur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas