KUNJUNGAN KEPALA DINAS KETAHANAN PANGAN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN BESERTA BULOG KE LOKASI LUMBUNG PANGAN MASYARAKAT DI KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA

Hulu Sungai Utara, Berawal dari kunjungan anggota DPRD Kabupaten HSU ke Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan, diutarakan oleh anggota DPRD Kabupaten HSU bahwa harga gabah di desa Putat kabupaten HSU sangat anjlok sehingga meminta Kadis Provinsi untuk dapat mencarikan solusinya. Kemudian ditindaklanjuti oleh DKP Provinsi bersama Bulog melakukan Kunjungan Ke kabupaten HSU. Pada Kegiatan ini di dampingi langsung oleh Bapak Fakhrudin, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kab. HSU beserta Perum Divre Bulog Kalsel Bapak Budi, turun langsung ke lokasi untuk melihat kondisi lumbung pangan masyarakat dan persediaan stock Cadangan Pangan di lumbung.

Lokasi yang datangi yaitu Gapoktan Maju Bersama Desa Putat Atas, Sungai Tabukan yang diketuai oleh Bapak Murhani. Cadangan Gapoktan saat ini memiliki 1.500 Ton beras dengan varietas Siam Mirongga dan Siam Madu yang kurang disukai oleh masyarakat, sehingga menjadi permasalahan banyaknya gabah di dalam gudang karena tidak adanya yang membeli. Melihat permasalahan ini pihak BULOG Kalsel turun tangan langsung untuk membantu petani dalam hal penyerapan dan penyaluran gabah petani. Petani sangat terbantu dengan adanya campur tangan BULOG, karena sebelumnya harga beli gabah hanya Rp 5.300 ditingkat penggiling dan Rp 4.200 ditingkat petani.

Kunjungan dilanjutkan ke kelompok tani Setia Budi di desa Tambalang, ketua kelompoknya adalah Bapak Fauzi, beliau menyampaikan bahwa mereka memiliki permasalahan yang sama dengan kelompok tani Maju Bersama  yaitu kesulitan dalam penjualan yang mengakibatkan harga anjlok. Biasanya gabah dibeli oleh pedagang beras dari luar Kalsel. Varietas yang mereka tanam adalah Invari Cihirang. Stok Gabah di kelompok Setia Budi saat ini sebanyak  70 Ton dengan jenis Infari dan cihirang.

 

Berdasarkan arahan dari perwakilan Bulog, mereka siap menerima serapan Gabah petani dengan syarat sesuai dengan persyaratan yang ada, dan rencana hari selasa tanggal 25 mei 2021 Bulog akan kembali berkunjung ke kelompok tersebut sekalian membawa peralatan kadar air dan penentuan kesepakatan harga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas