PEMBINAAN DAN MONEV DESA MANDIRI PANGAN

Penulis  25 Juni 2021  Kabupaten Kotabaru

 

Pembinaan dan Monitoring Evaluasi Desa Mandiri Pangan ini dilaksanakan oleh Kepala Bidang Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Siti Wahidah, dan Analis Pangan pada Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan dan didampingi oleh Kepala Seksi Kerawanan Pangan beserta staf serta penyuluh pendamping Desa Mandiri Pangan pada Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kotabaru.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengunjungi kelompok tani Berkat Usaha yang beralamat di Desa Tanjung Lalak Selatan Kecamatan Pulau Laut Kepulauan Kabupaten Kotabaru yang telah menerima bantuan hibah Desa Mandiri Pangan Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2020, dengan usaha beternak ayam kampung. Untuk menuju Desa tersebut memerlukan waktu 4 – 5 jam perjalanan dari Pelabuhan Penyeberangan Ferry dengan jarak 120 km dari Ibu Kota Kabupaten.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk melihat perkembangan dana Hibah Program Aksi Desa Mandiri Pangan sebesar 50 juta rupiah pada tahun 2020 dalam rangka peningkatan ketahanan pangan keluarga dan peningkatan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat. Dalam pelaksanaannya bansos Tahun 2020 di Provinsi Kalimantan Selatan yang telah disalurkan digunakan antara lain di bidang pertanian, peternakan dan perikanan.

Dari kunjungan ini,  kelompok tani Berkat Usaha sudah menunjukkan keberhasilan dalam pelaksanaan kegiatan desa mandiri pangan yang bisa terlihat dari makin berkembang/bertambahnya modal kelompok, adanya peningkatan pendapatan masyarakat yang notabene terjadi pengurangan jumlah keluarga miskin. Bantuan Hibah Desa Mandiri Pangan yang diberikan kepada Kelompok tani Berkat Usaha yang bergerak dibidang peternakan ayam kampung sebesar Rp. 50 juta rupiah dan dibelikan induk ayam sebanyak 450 ekor dengan jumlah anggota dalam kelompok Desa Mandiri ini sebanyak  25 orang sehingga masing-masing anggota mendapatkan induk ayam kampung sebanyak 18 ekor.

Adapun budidaya ayam yang sering dilakukan oleh masyarakat di desa Tanjung Lalak Selatan adalah secara ekstensif (tradisional atau umbaran), Yaitu ayam dibiarkan atau bebas mencari makanan sendiri, Tugas kita adalah menyediakan kandang, sebagai tempat istirahat. Metode ini biasanya dilakukan di desa Tanjung Lalak Selatan, karena ketersediaan lahan cukup luas.

Bagian akhir yang menunjang kesuksesan dalam beternak ayam kampung adalah pemasaran. Para peternak tadisional di Desa Tanjung Lalak Selatan, peternak biasanya menjual langsung ayamnya ke pasar atau ke pedagang ayam keliling.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas