RAPAT KOMISI TEKNIS OKKP-D PROVINSI KALIMANTAN SELATAN TAHUN 2019

1.      Pembukaan dilakukan oleh Manager Mutu OKKP-D Provinsi Kalimantan Selatan (Ir. H. Fathur Rahmani, M.Pi), Dalam pembukaan rapat manager mutu OKKP-D  menerangkan tugas komisi teknis untuk memberikan rekomendasi layak/tidaknya permohonan registrasi PSAT dari para pelaku usaha berdasarkan hasil verifikasi dan uji laboratorium.

2.      Pemaparan hasil verifikasi dan uji laboratorium sampel produk pemohon disampaikan langsung oleh manager administrasi OKKP-D Provinsi Kalimantan Selatan (Nufrin Yapada, S.Pt, MP), dengan pemohon berjumlah 8 (delapan) perorangan/ poktan/gapoktan/perusahaan yang terdiri dari 6 (enam) registrasi PSAT dan 2 (dua) Sertifikasi Prima 3 .

3.      Setelah pemaparan diskusi mengenai hasil verifikasi dan uji laboratorium :

          KT. Hasrat Maju / Suriani. Dari hasil uji laboratorium ditemukan Sulfuryl Floride melebihi ambang batas yakni 0.194 ppm dimana ambang batas yang ditetapkan dalam permentan 53 tahun 2018 di 0.100 ppm.  

          KT. Bulugul Maram / H. Pajriannoor dari hasil uji laboratorium juga ditemukan Sulfuryl Floride namun masih dalam batas yang bisa ditoleransi sehingga permohonan registrasi PSAT beras merah ini disetujui oleh Komisi Teknis.

          Kanwil Bulog Kalsel (UPGB Landasan Ulin) hasil uji laboratorium ditemukan Sulfuryl Floride melebihi ambang batas yakni 0.214 ppm dimana ambang batas yang ditetapkan sehingga disarankan untuk melakukan uji ulang terhadap beras yang diproduksi oleh Bulog tersebut.

          Gapoktan Bina Bersama & Gapoktan Sejahtera Abadi dari hasil uji laboratorium ditemukan kelebihan kandungan Besi (Fe) dan Sulfuryl Floride namun kandungan besi tersbut masih dianggap wajar karena wilayah produksi di Barito Kuala memang banyak mengandung besi, sementara Sulfuryl Floride masih dalam batas yang bisa ditoleransi sehingga permohonan registrasi PSAT beras siam mayang & beras siam rukut ini disetujui oleh Komisi Teknis

          Kelompok Tani Budi Bakti dari hasil uji laboratorium ditemukan kelebihan kandungan Besi (Fe) dan Sulfuryl Floride namun masih dalam batas yang bisa ditoleransi sehingga permohonan registrasi PSAT beras siam kupang ini disetujui oleh Komisi Teknis

          Sementara dari produk prima 3 permohonan atas nama Asmuni produk Jeruk Siam Banjar dan Lilyanti Oetama dengan produk Jamur Tiram disetujui untuk mendapatkan sertifikat karena hasil uji laboratorium dan verifikasi tidak ditemukan masalah yang dapat menganggu jaminan terhadap produk yang disertifikasi oleh OKKP-D Provinsi Kalimantan Selatan.

4.       Penadatangaan Berita Acara :

(delapanpermohonan pelaku usaha 6 (enam) dinyatakan layak dan 2 (dua) diberi waktu untuk melakukan perbaikan, yang selanjutnya akan layak akan diterbitkan sertifikatnya sementara perbaikan akan di infomasikan kepada pemohon dan dilakukan perbaikan dalam waktu yang segera. Berita acara ditanda tangani oleh ke 3 (tiga) komisi teknis yakni Ir. Hj. Tuti Heriyani, MP sebagai ketua, Ir. Koesrini, MP sebagai anggota dan Dr. Hilda Susanti, SP, M.Si sebagai anggota.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top