RAPAT KOORDINASI PETA KETAHANAN DAN KERENTANAN PANGAN (Food Security and Vulnerability Atlas/FSVA) Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2021

Penulis 22 April 2021 Dinas Ketahanan Pangan Prov. Kalsel

Rapat Koordinasi Pembuatan Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan (Food Security and Vulnerability Atlas-FSVA) Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2021, dibuka oleh Kepala Bidang Ketersediaan dan Kerawanan Pangan, Siti Wahidah yang didampingi oleh Kepala Seksi Kerawanan Pangan Noorpadilah, di Banjarbaru (20/04/2021). Rapat ini berlangsung selama 2 (dua) hari yaitu pada tanggal 20 s.d 21 April 2021 yang bertempat di Aula Dinas Ketahanan Pangan prov. Kalsel. Pada rapat tersebut dibahas tentang indikator FSVA Tahun 2021 yang mana indikator tersebut yang digunakan tidak terdapat perubahan dibandingkan dengan indikator FSVA Tahun 2020. Indikator tersebut nantinya merupakan sebuah analisa yang menggambarkan kondisi ketahanan dan kerentanan pangan dari berbagai dimensi yang dirinci hingga pada tingkat kecamatan.

Secara teknis dapat dijelaskan bahwa persoalan pangan wilayah sangat bergantung pada banyak aspek (multi dimensional) sehingga indikator yang dipergunakan untuk menggambarkan kondisi ini terdiri dari 9 (Sembilan) indikator dalam 3 (aspek) dimensi utama yaitu Ketersediaan Pangan, Akses Pangan dan Pemanfaatan Pangan. Sehingga kedepannya diharapkan dapat menuntaskan permasalahan dan kondisi ketahanan pangan sesuai rujukan dan gambaran yang diberikan pada tingkat wilayah kecamatan. Dalam rangka menyediakan informasi ketahanan pangan yang akurat dan komprehensif, disusunlah Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan – Food Security and Vulnerability Atlas (FSVA) sebagai instrument sebagai monitoring ketahanan pangan wilayah.

Secara khusus pada kesempatan rapat koordinasi ini kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Kabupaten/Kota yang membantu dalam penyediaan data-data yang diperlukan dalam indikator FSVA Provinsi Tahun 2021. Pelaksanaan Rapat Koordinasi Penyusunan Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan dapat berjalan sesuai dengan rencana dan dengan menerapkan protocol kesehatan Covid-19 dan diharapkan pelaksanaan penyusunan Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan tetap berpegang pada aturan-aturan yang berlaku yang ada pada Pedoman Umum Penyusunan FSVA Tahun 2021.

 

 

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas